Film Beck

BECK is BACK!!! Akhir-akhir ini dunia perfilman Jepang mulai sering mengangkat cerita manga/anime ke layar lebar dalam bentuk live action movie, bukan lagi hanya anime berdurasi panjang untuk konsumsi bioskop. Kebetulan kali ini salah satu anime bergenre musikal akan diangkat ke layar lebar. BECK memang cukup fenomenal hingga manga yang diciptakan oleh Harold Sakuishi ini pernah mendapatkan penghargaan manga terbaik dari Kodansha Manga Award kategori Shonen (manga untuk cowok).
Walaupun anime serialnya telah dibuat sejak 2005, aku sendiri sebenarnya agak telat nonton versi animenya (baru nonton tahun 2007) dan lumayan suka dengan lagu-lagu yang ditampilkan dalam versi serial anime-nya

Aku masih ingat dengan 2 film yang dibuat berdasarkan cerita manga berlatar band yang cukup menarik perhatian penggemarnya (baca: otaku) untuk berduyun-duyun nonton ke bioskop. Film tersebut – Nana (2005) dan DMC (2008) – ternyata berhasil mengeruk keuntungan dan menarik minat produser untuk membuat film dengan genre yang sama. Sayangnya, kadang pembuatan yang asal-asalan membuat para penggemar malah kecewa dan menghujat. Lihat saja Nana 2. Film pertamanya lumayan menarik, sehingga membuat pemeran utamanya Nakashima Mika yang aslinya penyanyi R&B, melesat menjadi bintang Rock gara-gara membawakan lagu Glamorous Sky ciptaan Hyde vokalis L’arc en Ciel yang menjadi OST film tersebut. Tapi sequelnya benar-benar hancur. Sampai-sampai saking memalukannya, Nakashima jera untuk membawakan lagu Rock dan beralih kembali ke habitat R&B nya.

Kembali ke film live action, BECK kali ini menampilkan dua mantan Kamen Rider yang berperan sebagai aktor utamanya. Yang pertama adalah Mizushima Hiro sang pemeran Kamen Rider Kabuto sebagai Ryuusuke aka Ray, leader merangkap gitaris utama BECK. Karakter Ryuusuke yang lama tinggal di Amerika dan fasih berbahasa Inggris cukup membuatku khawatir dengan nominasi beberapa aktornya. Ketika Mizushima terpilih, paling tidak adegan dialog dalam bahasa Inggris tidak akan menjadi masalah (baca: japanese engrish pronunciation) mengingat Mizushima fasih berbahasa Inggris akibat dirinya cukup lama tinggal di luar negeri.
Aktor utama kedua adalah Satoh Takeru , si Kamen Rider Den-O yang didapuk sebagai Koyuki, anggota baru Beck dibelakang rythm guitar plus second vocalist. Peran Koyuki yang streotip mirip dengan karakter Nogami Ryotaro dalam Kamen Rider Den-O sepertinya tak akan sulit dibawakan Satoh. Fokus cerita sepertinya akan lebih mengarah ke karakter Ryuusuke dibandingkan Koyuki.
Sebelum bertemu kembali dalam film ini, Mizushima dan Satoh sebelumnya pernah main bareng dalam serial dorama Meichan no Shitsuji bersama Mukai Osamu sang pemeran bassist funky, Taira. Film ini juga didukung oleh Kutsuna Shiori (bintang iklan Pocky) sebagai Maho, Kiritani Kenta (Crows Zero) sebagai Chiba sang lead vocalist dan Nakamura Aoi sebagai Saku sang drummer anyar. Mengingat umur para pemerannya yang rata-rata telah berusia 20-an tahun, ada kemungkinan setting cerita anak SMP akan naik menjadi plot anak SMA atau malah mahasiswa perguruan tinggi.
Hanya saja yang agak bikin khawatir adalah Tsutsumi Yukihiko, sutradara film yang notabene pernah mengecewakanku dalam mengadaptasi cerita manga 20th Century Boys ke dalam versi live action layar lebar. Semoga saja kali ini Tsutsumi bisa belajar dari kesalahan yang pernah dilakukan sebelumnya. Sepertinya BECK sulit dibikin komikal seperti DMC, sehingga ide-ide aneh bin ajaib gak masuk akal dalam DMC seperti memberi inspirasi kehidupan lewat lagu-lagu death metal tidak mungkin diaplikasikan dalam BECK yang tone-nya lebih serius.
O iya, sepertinya kalau bicara BECK kurang afdol jika tidak membahas original soundtrack-nya. Animenya saja bertaburan dengan lagu-lagu keren, ntah bagaimana dengan film ini. Aku sendiri belum mendapatkan info apakah film ini akan menggunakan lagu-lagu Beat Crusader dalam versi anime, ataukah mereka akan membawakan lagu-lagu baru. Kita lihat saja nanti setelah film ini tayang perdana pada musim gugur yang direncanakan tanggal 4 September 2010.





 2 pemeran kamen rider den-0 dan kabuto









 nie ada anjingnya....hehehe

















Sumber: dari berbagai sumber

0 comments on Film Beck :

Post a Comment

Blog Archive

Sharing Mania Data