Kesalahpahaman Mengenai Fisioterapi

Fisioterapi dianggap sebagai tukang pijat

Selama ini banyak yang mengenal profesi seorang fisioterapi hanyalah sebagai seorang Tukang pijat. Hal ini tidaklah benar,karena apa yang dilakukan oleh fisioterapi sangatlah berbeda. Adanya proses assessment, diagnose, dan penatalaksanaan fisioterapi didalamnya, yang tentunya berbeda dengan seorang tukang pijat biasa.
Fisioterapi adalah tenaga kesehatan profesional yang bertanggung jawab meningkatkan kesehatan kapasitas fisik dan kemampuan fungsional yang dalam melaksanakan tugasnya berorientasi pada masalah dengan melaksanakan proses pemecahan masalah. (Problem Solving Approach)
Apa yang dilakukan fisioterapis tergantung dengan hasil assessment dan diagnose, yang nantinya dapat menentukan jenis pemilihan intervensi fisioterapi. Jenis intervensi fisioterapi antara lain, electrotherapy, diathermy, hydrotherapy, action therapy, massage, exercise, manipulation therapy.
Bisa saja fisioterapis melakukan terapi massage, hanya saja semua tergantung pada indikasi tindakan dari diagnose yang dihadapi.
Tidak semua kasus penyakit bisa ditangani dengan terapi massage.
Bagaimana menurut Anda, bila fisioterapi itu adalah Anda? Setujukah bila dianggap sebagai tukang pijat?
Semua ini dikarenakan fisioterapi belum banyak dikenal dimasyarakat. Padahal tentunya mereka pasti membutuhkannya. Mulai dari anak kecil hingga lansia. Banyak keluhan yang terjadi dalam diri mereka, terutama berkaitan dengan masalah kapasitas fisik dan kemampuan fungsional.
Keterampilan yang dimiliki seorang tukang pijat dapat diperoleh dengan belajar dari buku, belajar dari akademis, belajar otodidak (pengalaman), atau mendapatkan ilham. Masing-masing tentunya ada kekurangannya sendiri-sendiri.
Sedangkan fisioterapi merupakan disiplin ilmu dari akademi kesehatan, sehingga pembelajaran ilmu yang didapatkan merupakan kajian teori ilmiah.

0 comments on Kesalahpahaman Mengenai Fisioterapi :

Post a Comment

Blog Archive

Sharing Mania Data