Penyebab Cerebral Palsy

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa faktor prenatal, perinatal,dan faktor pascanatal memiliki peranan menjadi penyebab cerebral palsy.

Faktor prenatal dimulai saat masa gestasi sampai saat lahir, sedangkan faktor perinatal yaitu segala faktor yang menyebabkan cerebral palsy mulai dari lahir sampai satu bulan kehidupan. Sedangkan, faktor pasca natal mulai dari bulan pertama kehidupan sampai 2 tahun.

Beberapa contoh faktor penyebab pada masa prenatal : toksin (keracunan),infeksi toxoplasma (dari kucing), campak jerman (Rubella), faktor genetik, terkena radiasi sinar x, dan penyakit sifilis merupakan penyebab umum CP pada masa ini.



Sedangkan pada masa natal (kelahiran), studi oleh Nelson menyebutkan bahwa bayi dengan berat lahir rendah,lahir prematur, asfiksia (kekurangan oksigen) saat lahir, malformasi(kelainan) kelahiran, merupakan faktor umum penyebab cerebral palsy pada masa ini.

Terakhir, pada masa setelah kelahiran, benturan yang terjadi baik saat masih didalam kandungan maupun saat sudah dilahirkan, meningitis, infeksi juga menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya cerebral palsy yang paling umum.

0 comments on Penyebab Cerebral Palsy :

Post a Comment

Sharing Mania Data