Frozen Shoulder

PENDAHULUAN
Di tengah masyarakat sering dijumpai pasien dengan kelumpuhan separuh badan yang dapat mengakibatkan terganggunya aktifitas bahu; hal ini membuat penderita semakin sulit berbuat sesuatu dalam keluarganya, dan pada umumnya hidup dengan bantuan orang lain, sehingga terkadang timbul rasa benci pada diri sendiri dan rasa rendah diri di dalam keluarga akibat ketergantungan hidup dengan orang lain.
Pada dasarnya gangguan keterbatasan sendi bahu ini dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab, salah satu di antaranya adalah akibat kelumpuhan separuh badan. Kondisi frozen shoulder akibat kelumpuhan separuh badan ini selain membutuhkan obat-obatan
, juga tidak kalah penting nya adalah pengobatan fisioterapi terutama dengan menggunakan modalitas exercise therapy, sebab sampai saat ini, tidak ada obat yang dapat mengatasi gangguan gerak dan kekakuan sendi kecuali dengan exercise therapy yang tepat.

ANATOMI SHOULDER
1. LIGAMEN
Ligamen dari Glenohumeral joint
Ada beberapa ligamen penting di bahu. Ligamen adalah struktur jaringan lunak yang menyambungkan tulang ke tulang. kapsul sendi adalah kantung yang kedap air yang mengelilingi sendi. Di bahu, kapsul sendi dibentuk oleh sekelompok ligamen yang menghubungkan humerus ke glenoidale. Ligamen ini adalah sumber utama stabilitas untuk bahu, mereka membantu memegang bahu di tempatnya dan menjaga dari dislokasi. Ligament ini adalah glenohumeral ligamen (GHL), dan ligamentum lain yang menghubungkan ke coracoid akromion adalah coracoacromial ligamentum (CAL). ligamentum ini dapat menebal dan menyebabkan Sindrom rotator. ligamen juga mengikat clavicula dan acromion di AC joint.dua ligament yang menghubungkan clavicula ke scapula dengan melekat ke prosesus coracoids adalah coracoclavicular ligamen (CCL)

Ligamen shoulder kompleks:
  • CCL - coracoclavicular ligaments
  • CAL - coracoacromial ligaments
  • SGHL - Superior GlenoHumeral Ligament ligamentum
  • MGHL - Muperior GlenoHumeral Ligament MGHL
  • IGHL - Inferior GlenoHumeral Ligament IGHL
Ligamen dari Rotator Cuff
Tendon rotator cuff adalah lapisan berikutnya di shoulder joint. Tendon dan ligamen sangat mirip, kecuali bahwa tendon otot melekat ke tulang menggerakkan otot tulang dengan menarik pada tendon. Satu hal penting tendon yang bergerak melalui sendi bahu tendon biseps. Para tendon biseps sebenarnya dimulai pada bagian atas bahu soket (yang glenoid) dan kemudian lewat di depan bahu untuk menyambung ke otot bisep. tendon rotator cuff adalah kelompok empat tendon yang menghubungkan otot lapisan terdalam untuk humerus.
2. Tendon

Tendon bahu:
Dari depan ke belakang:
  • Subscapularis Subscapularis
  • Biceps Tendon Biceps Tendon
  • Supraspinatus Supraspinatus
  • Infraspinatus Infraspinatus
  • Teres Minor Teres minor
3. Otot shoulder

Ada 30 otot yang memberikan dukungan untuk gerakan dan bahu kompleks. 15 otot penggerak dan yang menstabilkan scapula, 9 otot untuk menggerakan sendi glenohumeral, dan 6 otot mendukung skapula pada toraks
Ada tiga kelompok penting otot-otot sekitar bahu:
1. 1. Otot (ekstrinsik):
  • Otot deltoideus yang besar membentuk otot lapisan luar. Ini adalah yang terbesar, terkuat otot bahu. Kemampuan otot deltoideus mengambil alih mengangkat tangan setelah lengan menjauh dari samping.
  • Pectoralis mayor menggerakan dan memberikan dukungan di depan bahu
2. 2. Otot (intrinsik):
  • Manset rotator tendon melekat ke dalam otot manset rotator. 4 otot-otot ini yang terlibat dalam meningkatkan lengan dari samping dan memutar bahu dalam berbagai arah. Mekanisme manset rotator juga membantu menjaga stabil sendi bahu dengan memegang kepala humeri di glenoid soket. Otot-otot ini adalah: m. subskapularis, supraspinatus, infraspinatus dan teres minor.
3. 3. Otot (posterior):
  • Otot-otot ini berada di belakang bahu yang mengstabilkan dan menggerakkan skapula pada batang tubuh. Kelompok ini mencakup trapezius, rhomboids, m. levator scapulae, dan otot serratus anterior.
4. Bursa Shoulder

Bursa terjepit di antara otot manset rotator dan lapisan luar tebal besar otot adalah struktur yang dikenal sebagai bursa. Bursae di mana-mana di dalam tubuh. Mereka ditemukan di bagian tubuh mana pun yang bergerak melawan satu sama lain untuk mengurangi gesekan. Sebuah bursa hanyalah sebuah kantung antara dua permukaan yang bergerak yang berisi sejumlah kecil cairan pelumas.
Bayangkan sebuah bursa seperti ini: Jika Anda menekan tangan Anda bersama-sama dan geser mereka terhadap satu sama lain, Anda menghasilkan beberapa gesekan. Bahkan, ketika tangan Anda dingin Anda mungkin gosokkan mereka bersama-sama cepat untuk menciptakan panas dari gesekan. Sekarang bayangkan bahwa Anda pegang di tangan Anda kantong plastik kecil yang berisi beberapa tetes minyak salad. plastik ini akan membiarkan tangan Anda meluncur bebas terhadap satu sama lain tanpa banyak gesekan.
5. Saraf

aksila (ketiak) tepat di bawah sendi bahu.Tiga saraf utama mulai dari shoulder joint: n. radialis, n. ulnaris, dan n. medianus. Saraf ini membawa sinyal-sinyal dari otak ke otot-otot yang menggerakkan lengan. Saraf juga membawa sinyal kembali ke otak tentang sensasi seperti sentuhan, nyeri, dan suhu.
6. Aliran darah

Travelling bersama dengan saraf adalah kapal-kapal besar yang mensuplai lengan dengan darah. A. aksilaris besar bergerak melalui aksila. Jika Anda menempatkan tangan di ketiak Anda, Anda mungkin dapat merasakan denyut arteri besar ini. A. aksilaris memiliki banyak cabang-cabang yang lebih kecil yang memasok darah ke berbagai bagian bahu. bahu memiliki suplai darah yang sangat kaya.
7. Kartilago
Kartilago atau ujung tulang rawan sendi berfungsi sebagai bantalan sendi, sehingga tidak nyeri sewaktu penderita berjalau.Namun demikian pada gerakan tertentu sendi dapat nyeri akibat gangguan yang dikenal dengan degenerasi kartilago.
PATOLOGI
Frozen shoulder adalah suatu gangguan bahu yang sedikit atau sama sekali tidak menimbulkan rasa sakit, tidak memperlihatkan kelainan pada foto Rontgen. tetapi menunjukkan adanya pembatasan gerak.
Frozen shoulder dapat diidentikkan dengan capsulitis adhesif dan periarthritis yang itandai dengan keterbatasan gerak baik secara pasif maupun aktif pada semua pola gerak.
Pada penderita kelumpuhan separuh badan (hemiplegia), otot-otot sekitar sendi bahunya mengalami kelumpuhan. Posisi menggantung lengan disertai hilangnya kekuatan otot dan pengikat sendi (ligamen) sebagai penyangga mengakibatkan keluar nya kepala sendi dari mangkoknya yang disebut subluksasi sendi bahu sehingga mengakibatkan tidak sempurnanya scapulo humeral rhythm. Bila lengan digerakkan ke atas secara pasif, gerakan berputar tulang belikat dan terangkatnya tulang akromion yang dibutuhkan tidak terjadi, sehingga tonjolan tulang humerus membentur tulang akromion dan penderita merasa sakit. Stabilisasi pasif sendi (ligament) coracohumrale yang berfungsi dalam mekanisme pengerem terhadap gerakan berlebihan sendi bahu sering terganggu akibat hilangnya mekanisme perlindungan otot-otot bahu; akibatnya, fungsinya sebagai pengerem hilang, sehingga pada keadaan tersebut otot-otot sekitar sendi bahu (rotator cuff) akan sangat mudah mengalami cedera atau terjadinya penguluran yang berlebihan yang dikenal dengan over stretch.
Dengan berbagai faktor di atas, penderita cenderung takut bila lengannya digerakkan ke atas, dan mempertahankan lengan nya dalam posisi mendekat di badan (adduksi). Bilahal ini terjadi dan berlangsung lama, akan mengakibatkan perlengketan kapsul dan mengkerutnya kapsul sendi sehingga gerakan sendi tersebut akan mengalami keterbatasan dan bertambah nyeri.
Gejala
1.Adanya nyeri sekitar bahu.
2.Keterbatasan gerak sendi bahu, misalnya pasien tidak dapat mengangkat lengannya, tidak dapat menyisir, tidak dapat mengambil dompet.
3.Otot-otot daerah sendi bahu nampak mengecil.
Fase-fase Frozen Shoulder
Pengetahuan mengenai fase-fase ini sangat penting artinya terutama dalam pelaksanaan terapi fisioterapi.
Fase I
Dari 24 jam?minggu I setelah trauma dengan gejala-gejala: nyeri yang dominan, gerakan sendi terbatas ke segala arah karena sakit, dan kadang-kadang disertai bengkak.
Fase II
Dari minggu II s/d IV setelah trauma, dengan gejala-gejala yang dominan : jarak gerak sendi (ROM) terbatas, kaku terutama pada abduksi dan exorotasi, nyeri tajam pada akhir ROM dan gangguan koordinasi dan aktivitas lengan/bahu.
Fase III
Setelah minggu IV, dengan gejala-gejala dominan : bahu kaku dan terkunci pada ROM tertentu serta timbulnya subtle sign, gerakan sendi bahu sangat terbatas, membesarnya otot-otot daerah gelang bahu dan sedikit rasa nyeri.
PEMERIKSAAN FISIOTERAPI:
Pemeriksaan fisioterapi pada kondisifrozen shoulder akibat kelumpuhan separuh badan, sebagai berikut:
a) Anamnesis Umum : Identitas penderita
b) Anamnesis khusus:
1.Keluhan utama penderita
2.Lokasi keluhan utama
3.Sifat keluhan utama
4.Lamanya keluhan
5.Faktor-faktor yang memperberat keluhan.
c) Inspeksi : Dilakukan dalam posisi statis dan dinamis penderita.
d) Tes Orientasi : Untuk melihat kemampuan aktivitas lengan.
e) Pemeriksaan Fungsi Dasar : Gerakan aktif, pasif dan tes isometrik melawan tahanan sendi bahu.
f) Pemeriksaan Spesifik:
1.Tes intra artikular (Joint Play Movement) sendi bahu.
2.Tes kekuatan otot.
3.Tes koordinasi gerakan.
4.Tes sirkumferentia otot (lingkar otot) daerah bahu.
PENANGANAN FISIOTERAPI
Shoulder Rehab Rutin

1. Hanging circumduction

Ini adalah latihan pemula yang baik, khusus untuk mereka yang memiliki banyak kelemahan bahu, atau mereka yang baru saja menjalani operasi dari bahu.
Mulailah dengan memegang benda yang ringan seperti sekaleng kacang, kemudian membungkuk dan membiarkan lengan Anda hanya tergantung bebas. Kemudian, goyangan tubuh Anda dalam lingkaran lembut (seperti ditampilkan dalam warna merah), sehingga lengan tertimbang mulai bergerak dalam lingkaran juga (diperlihatkan dengan warna biru. Hati-hati untuk mengizinkan lengan untuk "menggantung" sepanjang waktu, dan tidak menggunakan lengan untuk bergerak dalam lingkaran. Lakukan latihan selama 1 menit, kemudian putar sebaliknya.
2. Wall Crawl

Ini adalah latihan pemula baik, dan cocok sekali untuk orang dengan Frozen Shoulder, atau pada orang-orang yang menemukan mengangkat lengan secara umum lemah atau menyakitkan. mulailah dengan menghadap dinding, menempatkan jari-jari tangan di dinding di sekitar pertengahan setinggi dada, jangan berdiri terlalu jauh ke belakang.

Perlahan-lahan merangkak jari-jari Anda ke dinding, sementara Anda mulai berpaling dari dinding, tahan sejenak jika menjadi menyakitkan atau sulit

Hentikan jika anda juga tidak bisa melakukannya lebih tinggi dengan tangan Anda, atau ketika Anda memiliki ternyata sejajar dengan dinding dengan tubuh Anda. lalu perlahan-lahan merangkak jalan kembali ke dinding, sementara secara bersamaan menoleh ke belakang ke dalam menghadap ke dinding. Ingatlah untuk lakukan perlahan dan berhenti jika Anda tidak nyaman. Gunakan dinding untuk membatu.
3. Wall Press
Ini adalah latihan pemula mudah.
Menghadap dinding, dengan kaki satu langkah mundur dari itu. Letakkan tangan Anda dalam sebuah "push up" posisi, dan bersandar sedikit berat badan Anda ke arah dinding.
Biarkan dada menyentuh dinding, kemudian dorong perlahan menjauh dengan tangan Anda, sampai Anda tegak lagi. Ulangi 10 kali. Untuk meningkatkan tantangan, langkah lebih jauh ke belakang, yang akan meningkatkan beban pada lengan Anda.
4. Circumductions
Latihan pemula penting lain. Berdiri dengan mengangkat lengan Anda ke samping, perlahan-lahan mulai menggambar lingkaran kecil, lalu perlahan-lahan meningkatkan ukuran sampai Anda mencapai sebagai sebuah lingkaran yang besar karena anda dapat membuat tanpa rasa sakit. Pastikan lingkaran akurat karena anda dapat membuatnya, dan tidak berbuat curang dengan menggunakan tubuh Anda untuk membantu mengangkat lengan. Lalu mereka perlahan menurun lagi sampai Anda mencapai posisi awal. Harus mengambil setengah menit untuk pergi ke satu arah, lalu setengah menit lagi untuk kembali yang lain. Ulangi sebanyak 3 kali.
Jika Anda merasa tidak nyaman, atau merasa lengan terlalu berat, cobalah latihan yang sama, tetapi dengan siku daripada seluruh lengan diperpanjang.
5. Upper-cuts
Sebuah tingkat pemula latihan. Buatlah kepalan dengan satu tangan, Beding lengan di siku, tapi tetap di sisi anda.
perlahan-lahan lakukan pukulan ke atas dengan kepalan tangan Anda.
Lakukan ke atas setinggi mungkin, hingga kepalan tangan melewati belakang bahu Anda, tahan selama 10 detik, kemudian relaks. Ulangi sebanyak 3 kali.
6. Back - Hands
Sebuah tingkat pemula latihan. Posisi awal sama dengan posisi awal upper cuts, kemudiansilangkan lengan bawah rata di atas perut Anda.
Perlahan-lahan memutar kepalan tangan Anda menjauh dari perut Anda yang jauh karena badan akan ikut bergerak, pastikan untuk menjaga erat-erat lengan atas sisi anda. Latihan ini dapat dimodifikasi dengan sambil memegang gagang pintu dan gagang pintu yang lain dalam kepalan tangan yang sebelahnya. Ketegangan dari elastis dapat digunakan untuk membuat perlawanan terhadap gerakan tangan Anda.
7. Chicken Wings
Tempatkan kepalan tangan Anda yang tertutup di puncak pinggang Anda.
Kemudian ambil siku dengan tangan yang berlawanan dan tarik ke arah depan sejauh mungkin. Anda harus merasakan regangan di bagian belakang bahu Anda. Tahan selama 20 detik, lalu lepaskan. Ulangi beberapa kali. Anda harus bisa mendapatkan siku Anda di depan dada Anda (akhirnya!)
Berhati-hatilah agar tangan Anda tidak merayap di atas perut Anda, karena akan terlalu mudah untuk melakukan peregangan di posisi ini.
Juga, jangan biarkan bahu bergeser ke depan. Jaga agar bahu anda tetap belakang dan ke atas saat Anda melakukan peregangan.
Jika Anda sangat dibatasi dalam gerakan ini, dan bahkan tidak dapat mencapai siku dengan tangan Anda, cobalah meletakkan kedua tangannya di pinggang dan mengepakkan siku Anda ke depan dan ke belakang dengan lembut, sambil terus berusaha untuk meningkatkan peregangan ketika Anda "flap" sayap Anda. Cobalah untuk menjaga tindakan bahkan dengan kedua tangan.
8. Cross-Chest stretch
Sebuah tingkat menengah peregangan. Tempatkan satu tangan di dada Anda, lalu menekan ke arah dada lebih lanjut menggunakan lengan yang lain. Anda dapat meningkatkan intensitas peregangan dengan meremas dan tambahan mengangkat lengan ke atas ke arah daguTahan selama 20 detik kemudian relaks. Ulangi sebanyak 3 kali.
9. Rear thrusts
Latihan tingkat menengah.
Mulailah dengan menempatkan tangan bersama-sama di belakang punggung, telapak tangan menghadap ke belakang.
Lalu, dorong tangan Anda perlahan-lahan ke belakang dan ke bawah, merasakan tekanan pada otot lengan Anda, dan regangan di bagian atas bahu Anda. Tahan selama 20 detik kemudian relaks. Ulangi 3 kali.
Anda dapat meningkatkan intensitas latihan, dengan bersandar ke depan sedikit, lalu mengangkat tangan ke atas juga, yang akan menggeser lebar lebih ke depan bahu.
10. Pec Stretches
Sebuah tingkat menengah peregangan.
Mulailah dengan berdiri di samping pintu bingkai. Tempatkan lengan bawah dan tangan sepanjang satu sisi kusen pintu, dengan siku di bawah bahu. Perlahan-lahan berpaling, dan terasa regangan di otot dada Anda saat Anda melakukannya. Tahan selama 20 detik, kemudian relaks.
Lakukan peregangan yang sama lagi, tapi kali ini geser lengan Anda sampai siku berada di bahu.
Akhirnya, melakukan peregangan lagi, tapi kali ini dengan lengan atas setinggi bahu.
11. Doorway lean Pintu ramping
Sebuah tingkat menengah peregangan. Berdiri di ambang pintu, dan mencoba untuk menggantung ke atas ambang pintu dengan kedua tangannya. Kemudian bersandar ke pintu, berhati-hati untuk tidak membiarkan pergi dan jatuh. Tahan peregangan selama 20 detik, kemudian relaks. Ulangi 3 kali.
Pelaksanaan Fisioterapi
1) Elektro Terapi
Elektro terapi yang digunakan pada kondisi ini adalah Continuous Electro Magnetic 27 MHz (CEM). Merupakan arus AC dengan frekuensi terapi 27 MHz yang memproduksi energi elektromagnetik dengan panjang gelombang 11,6 meter, di gunakan untuk menimbulkan berbagai efek terapeutik melalui suatu proses tertentu dalam jaringan tubuh. Arus CEM ini menghasilkan energi internal kinetika di dalam jaringan tubuh sehingga timbul panas; energi ini akan menimbulkan pengaruh biofisika tubuh misalnya pada thermosensor lokal maupun sentral (kulit dan hipotalamus) dan juga terhadap struktur persendian.
Tujuan yang diharapkan dan arus CEM ini adalah menurunkan aktifitas noxe sehingga nyeri berkurang, meningkatkan elastisitas aringan dan sebagai pendahuluan sebelum exercises.
2) Terapi Manipulasi
Terapi manipulasi yang diberikan adalah gerakan roll dan slide pada gerakan-gerakan sendi bahu yang mengalami keterbatasan.
Tujuan metode ini adalah membebaskan perlengketan pada permukaan sendi, sehingga jarak gerak sendi akan bertambah.
Dasar teknik ini adalah memperhatikan bentuk kedua permukaan sendi dan mengikuti aturan Hukum Konkaf dan Konveks suatu persendian.
3) Latihan aktivitas sehari-hari
Bentuk aktivitas yang bermanfaat bagi penderita frozen shoulder adalah menyisir rambut, mengambil sesuatu yang tinggi, mengambil dompet, memutar lengan, dan mengangkat beban yang kecil-kecil.
REFERENSI
http://www.synergyclinic.net/shoulderexercises

0 comments on Frozen Shoulder :

Post a Comment

Blog Archive

Sharing Mania Data