Palpasi Jaringan Keras Pada Ekstremitas Superior Regio Shoulder

Untuk Palpasi Pada Ekstremitas Superior Regio Shoulder:

Jaringan Keras
a. Regio Shoulder :
Pasien duduk dengan dengan pemeriksa dibelakangnya : letakkan tangan diatas deltoid dan acromion. Pertama pegang daerah pemeriksaan dengan mantap sehingga menimbulkan rasa aman bagi pasien.
1) Sudut Suprasternal
Gerakkan tangan kemedial dari posisi posisi awal diatas deltoid dan acromion sehingga sudut sternal dapat dirasakan.
2) Sternoclavicular joint
Sendi ini tepat berada disebelah lateral sudut suprasternal dan dapat dipalpasi secara bilateral.
3) Clavicula
Bergeraklah kelateral dari sternoclavicular joint dengan tetap mempalpasi secara meluncur dengan halus ke permukaan anterior dan superior dari clavicula.
4) AC joint

Palpasi dilanjutkan kelateral kira-kira 1 inchi. Acromioclavicular joint sangat mudah dipalpasi jika ditekan kedalam dan dilakukan fleksi dan ekstensi shoulder beberapa kali.
5) Acromion
Acromion berbentuk rectangular (persegi panjang), kadang-kadang menunjukkan puncak dari shuolder, yang melengkapi struktur shoulder secara keseluruhan. Yang dapat dipalpasi adalah bagian anterior dan posteriornya.
6) Proc. Coracoideus
Terletak lebih dalam dari bagian clavicula yang concav, dibawah ujung jari sekitar 1 inchi dari tepi anterior clavicula. Permukaan antero lateral processus coracoideus hanya di medial dan ujungnya saja . ini merupakan suatu garis yang dalam yang terletak dibawah penutup musculus pectoralis mayor, tapi ini hanya dapat dirasakan jika menekan pectoralis major secara mantap kedalam triangle pectoral.
7) Tuberculum majus humeri
Dari bibir lateral acromion, palpasi lateral dari tuberculum majus humeri, dimana letaknya dibagian inferior dari ujung lateral acromion.
8) Sulcus bicipitalis
Sulcus bicipitalis terletak terletak dibagian anterior dan medial dari tuberculum majus. Sulcus bicipitalis ini lebih mudah dipalpasi jika lengan dalam keadaan eksternal. rotasi.
9) Spina scapulae
Gerakan posterior dan medial pada palpasi acromion yang berbentuk lonjong juga ada pada spina scapula. Yang perlu diingat adalah acromion dan spina scapula berada pada suatu sudut yang berkelanjutan.
10) Margo medial scapula
Dari sisi bawah bagian medial scapula, kira-kira 2 inchi dari proc. Spinosus vertebra thoracalis dan akhir dari trigonum spina scapula sejajar dengan T3.

0 comments on Palpasi Jaringan Keras Pada Ekstremitas Superior Regio Shoulder :

Post a Comment

Blog Archive

Sharing Mania Data