Tips Meningkatkan Kemampuan Otak Kita

 
Dewasa ini para siswa sejak sekolah dasar semakin banyak harus menyerap bahan pelajaran seabrek yang sulit-sulit dalam tempo yang kian singkat. Tak ada lagi waktu untuk membentuk opini sendiri. Waktu di sekolah semakin panjang dan siswa sudah kehabisan tenaga sewaktu sampai di rumah. Belum lagi tambahan pelajaran, kursus ini itu, dan berbagai kegiatan lainnya. Padahal pembentukan kepribadian itu sangat penting, di samping bahan pelajaran lainnya. Kita belajar tidak hanya di sekolah, tetapi hidup adalah master pendidikan yang sebenarnya.
 
Jogging Otak Membuat Kita Lebih Cerdas
Apa sih yang dimaksud dengan jogging otak? Program jogging otak sekarang lagi ngetrend di AS sana. Suatu studio fitness untuk otak, di mana orang-orang duduk berjejer di depan monitor komputer dan bermain berbagai software kecerdasan. Namun tidak ada latihan yang bisa membuat seseorang lebih cerdas. Berita baiknya: ada fungsi tertentu otak kita yang bisa dilatih. Misalnya, menghafal urutan kata-kata secara teratur dapat membuat kita lebih pintar di bidang ini. Para periset juga menyatakan, sampai saat ini belum terbukti kalau permainan seperti Sudoku mampu memperbaiki kinerja otak atau kecepatan kita menanggapi sesuatu. Main Sudoku hanya membuat kita jadi makin ahli, di permainan ini. Otak kita juga dapat dilatih dengan cara lain. Semisal belajar bahasa asing, bermain musik, atau melakukan kegiatan sosial.
 
Saran pakar: jogging otak sebaiknya dilakukan setiap hari 2 kali @ 10 menit. Satu kali pada pagi hari dan satu kali di siang hari. Pagi hari diisi dengan, misalnya memecahkan teka-teki silang. Siang hari dengan membaca buku, tapi upayakan terbalik. Latihan ini mengaktifkan kemampuan khayal kita dan membuat otak bekerja di luar kebiasaan.
 
Ada 2 keuntungan yang diperoleh dari jogging otak ini, demikian pendapat Dr. Siegfried Lehrl dari Universitas Erlangen, pencetus ungkapan “Jogging Otak”. Keuntungan pertama, menajamkan kemampuan otak untuk berpikir logis. Keuntungan kedua, menambah wawasan otak untuk mengingat. Dengan kalimat lain, kita dapat memasukkan lebih banyak informasi ke dalam memori singkat (RAM – Random Access Memory)-nya otak. Sebuah studi jangka panjang di AS yang dilakukan pada 2800 responden membuktikan, bahwa naiknya kinerja otak ini masih tetap ada 5 tahun kemudian.
 
Kecerdasan itu bukan besaran yang kaku, ujar Dr.Lehrl. Kinerja kecerdasan fluide meningkat akibat jogging otak, yaitu kepiawaian otak untuk berpikir kreatif dan memecahkan masalah tanpa pengalaman sebelumnya. Yang tidak terbantu adalah apa yang disebut sebagai kecerdasan kristal, misalnya perbendaharaan bahasa asing atau pengetahuan sains lainnya. Hanya belajar (dan membaca) yang bisa meningkatkan kecerdasan kristal ini.
 
Jangan Dengarkan Musik Saat Belajar
Banyak siswa yang beranggapan, bahwa mereka mampu belajar lebih baik dengan latar belakang radio atau musik lewat headphone yang dihubungkan dengan MP3-player. Demikian pula di banyak kantor kita bisa mendengar musik yang lumayan keras. Ini dimaksudkan sebagai motivasi atau pembangkit semangat orang di kantor dalam bekerja. Benarkah demikian? Ternyata tidak, kata Prof. Lutz Jäncke, psikolog neurologi dari Universitas Zürich (Swiss). Mendengar dan belajar itu adalah 2 kegiatan yang berlainan. Jika dilakukan secara simultan mereka justru akan menjadi penghambat. Ada perkecualian memang, yaitu jika manusianya sedang dalam kondisi lelah. Dalam hal ini musik bisa membantu. Cara terbaik adalah beristirahat sambil mendengarkan musik. Setelah segar, kita bisa bekerja kembali. Tanpa musik.
 
Alunan musik saat belajar bahasa asing bagai air ketemu api. Saling menghambat dan tidak bagus untuk dilakukan. Sebaliknya musik tidak jadi faktor penghalang jika didengar pada saat kita sedang belajar melukis.

0 comments on Tips Meningkatkan Kemampuan Otak Kita :

Post a Comment

Blog Archive

Sharing Mania Data